Media Sosial dan Hoax





       Media sosial merupakan hal yang tidak asing di semua kalangan. Bukan hanya anak muda, orang dewasa dan anak-anakpun sudah memiliki yang namanya akun media sosial dan sangat aktif menggunakannya pada kehidupan mereka sehari-hari. Media sosial seperti Facebook, Twiter, atau Instagram sudah menjadi bagian dari kehidupan yang tidak dapat dipisahkan begitu saja.
    Media sosial merupakan tempat yang dapat memberi hal positif bagi penggunanya. Sebagai contoh sekarang sudah banyak anak muda yang mempromosikan barang dagangan dan berjualan melalui media sosial mereka. Selain itu media sosial merupakan tempat yang sangat bagus untuk berkomunikasi dengan teman ataupun orang lain yang tidak kita kenal tanpa mengenal jarak kita dengan orang tersebut. Meskipun begitu media sosial juga mempunyai hal-hal negatif yang membuat kita harus berhati-hati. Penipuan yang sering terjadi lewat media sosial, provokasi oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab dan yang paling marak saat ini di Indonesia adalah maraknya berita palsu atau yang sering disebut HOAX.

    Media sosial merupakan tempat yang sangat mudah untuk menyebarkan HOAX, bisa dibilang hoax sudah membanjiri semua media sosial yang ada. Kenapa hal ini bisa terjadi? Hal ini dikarenakan kebiasaan pengguna media sosial yang tidak melakukan verifikasi informasi dan malasnya minat baca . Mereka begitu mudah percaya dengan apa yang mereka lihat di akun media sosial mereka bahkan informasi yang bisa dilihat kebenarannya dengan satu kali click di google bisa memperdaya mereka karena kemalasan dalam mengkonfirmasi kebenaran informasi tersebut. Ini diperparah karena mudahnya menyebarkan informasi hoax tersebut di media sosial. Dengan satu click tombol share dan dengan pengguna yang umumnya tidak memverifikasi informasi tersebut maka informasi hoax tersebut akan tersebar dengan cepat.
     Hal ini tidak hanya terjadi di Indonesia bahkan sudah terjadi di seluruh belahan dunia. Banyak yang menyepelekan hal ini, tapi jika dibiarkan hal ini bisa berdampak negatif pada masyarakat terutama pada mental contohnya hoax negatif berhubungan tentang Corona bisa menimbulkan kecemasan, ketakutan dan bahkan penyakit karena tertekannya mental seseorang oleh berita palsu terhadap hal tersebut. Karena hal itu baiknya kita sebagai pengguna media sosial ataupun internet lebih hati-hati dalam menyalurkan informasi yang ada. Jika kita mendapatkan informasi apapun di Internet, alangkah baiknya kita memverifikasi informasi tersebut sebelum menyebarkannya. Apalagi ada kemungkinan kita bisa dijerat hukum karena penyebaran hoax ini. Ingat mulutmu harimaumu, ini juga termasuk di media sosial karena apapun yang kamu post atau sebarkan di media sosial akan ada akibatnya.


Comments

Popular Posts